Monday

Tips Anak Mandiri

1. Beri kesempatan memilih. Anak yang terbiasa berhadapan dengan situasi atau hal-hal yang sudah ditentukan oleh orang akan malas melakukan pilihan sendiri.

2. Sekecil apapun hargailah usahanya mengatasi kesulitan. Ini jelas butuh proses, dan orang tua harus sabar.

3. Hindari banyak bertanya. Terlalu sering bertanya meti sekedar untuk menunjukan perhatian pada si anak, dapat diartikan sebagai sikap yang terlalu banyak mau tahu.

4. Jangan langsung memberi jawaban setiap masalah. Beri anak kesempatan mencari solusi, meskipun salah satu tugas orang tua adalah memberi informasi serta pengetahuan yang benar kepada anak, namun sebaiknya orang tua tidak langsung menjawab pertanyaa-pertanyaan yang diajukan.

5. Dorongan untuk melihat alternatif. Sebaiknya anakpun tahu bahwqa untuk mengatasi suatu masalah, orang tua bukanlah satu-satunya tempat untuk bertanya. Masih banyak sumber-sumber lain di luar rumah yang dapat membantu untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Untuk itu cara yang dapat dilakukan orang tua adalah dengan memberi tahu sumber lain yang tepat untuk dimintakan tolong.

6. Jangan patahkan semangatnya. Tak jarang orang tua ingin menghindarkan anak dari rasa kecewa dengan mengatakan mustahil terhadap apa yang sedang diupayakan anak. Apabila anak sudah mau memperhatikan keinginan untuk mandiri, dorong ia untuk terus melakukannya. Jangan sekali-kali anda membuatnya kehilangan motivasi atau harapannya yang ingin dicapainya. (yans)

No comments:

Popular Posts