Friday

Perempuan Terlahir Sebagai Pemimpin

Judul Buku : See Jane Lead: 99 Kiat Sukses Memimpin bagi Perempuan·
Pengarang : Lois P. Frankel, Ph.D·
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, 2006·
Jumlah hal : 265 halaman·
Penulis Resensi : Meisia Chandra
Melalui buku ini, Dr. Lois P. Frankel, seorang penulis bestseller yang sering menulis tentang pengembangan diri perempuan, mencoba menegaskan bahwa perempuan melalui sifat-sifat alamiahnya, memang terlahir menjadi seorang pemimpin.
Dalam buku-buku dia sebelumnya, Nice Girls Don't Get the Corner Office dan Nice Girls Don't Get Rich, Frankel menuliskan 176 kesalahan yang dilakukan perempuan dalam mengejar tujuan finansial maupun profesional mereka. Buku yang baru ini tidak lagi memfokuskan diri pada kesalahan, melainkan pada strategi yang membantu para perempuan memunculkan kemampuan kepemimpinan mereka dalam berbagai situasi.
.
Bukan berarti para perempuan tidak lagi melakukan kesalahan dalam hal kepemimpinan. Ya, mereka masih melakukannya. Tempatkanlah seorang gadis manis dalam sekelompok laki-laki dan perempuan, maka perempuan pasti akan menunggu seorang laki-laki --atau, perempuan yang lebih berkuasa-- untuk mengambil kendali.
.
Mintalah seorang gadis manis untuk mengambil keputusan untuk suatu kelompok, maka dia akan mengambil suara sebelum bertindak. Berikanlah sekelompok orang untuk dipimpin kepada seorang gadis manis, maka dia akan memperlakukan mereka seperti keluarga. Bukan, sekelompok orang yang mengandalkannya untuk kepemimpinan yang mampu membuat keputusan cepat dan percaya diri tapi manusiawi. Dan, dengan itu, dia menyangkal karunia bakat yang dimilikinya, yang bisa dimanfaatkan untuk menjadikannya seorang pemimpin teladan. Kaum perempuan selalu memimpin setiap saat --mereka hanya tidak menyebutnya kepemimpinan.
.
Dengan istilah yang tidak teoritis dan menggunakan contoh yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, buku ini menunjukkan kepada Anda berbagai hal dan kualitas kepemimpinan yang sudah Anda perlihatkan. "Saya menulis buku ini karena saya ingin Anda melihat bahwa Anda seorang pemimpin dan Anda benar-benar mempunyai apa yang diperlukan untuk memimpin sebuah keluarga, proyek, tim, departemen, perusahaan atau negara," demikian tulis Frankel dalam Pendahuluan bukunya.
.
Feminisasi Kepemimpinan
Frankel berpendapat, jika ada satu waktu dalam perjalanan sejarah di mana kepemimpinan perempuan benar-benar diperlukan, maka sekaranglah saatnya. Karena, masa kepemimpinan yang bercorak perintah dan kendali pada masa sekarang semakin tidak bisa dipertahankan. Saat ini, dibutuhkan kualitas-kualitas kepemimpinan yang banyak di antaranya kualitas-kualitas alamiah seorang perempuan.
.
Selama berabad-abad, perempuan tanpa sadar menyempurnakan kualitas penting yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang sukses. Entah didapatkan dari lahir atau dari pola asuh, perempuan mahir membangun hubungan, mendorong dan memotivasi orang lain untuk berhasil, membentuk cara berkomunikasi mereka dengan hati-hati, serta menciptakan lingkungan yang saling percaya dan aman.
.
Di sisi yang lain, fakta menunjukkan kepemimpinan perempuan masih sangat sedikit. Buku ini mengutip penelitian yang dilakukan Catalyst, kelompok penelitian perempuan terbaik di Amerika yang menemukan, walaupun perempuan merupakan 46,4 % dari tenaga kerja, hanya ada 8 CEO perempuan di perusahaan kategori Fortune 500. Serta, hanya 5,2 % perempuan yang termasuk dalam jajaran orang berpenghasilan tertinggi dan hanya 7,9 % yang menyandang jabatan tertinggi dalam perusahaan-perusahaan itu.
.
Namun, isyarat akan adanya perubahan positif ditunjukkan oleh penelitian Catalyst yang lain, yang mendapati bahwa perusahaan dengan posisi manajemen senior sebagian besar dipegang oleh perempuan mempunyai laba atas ekuitas 35 % lebih tinggi, dan total laba atas investasi pemegang saham 34 % lebih tinggi. Dari data-data ini kita dapat melihat peluang yang besar bagi perempuan untuk memaksimalkan potensinya sebagai pemimpin.
.
Model Kepemimpinan Perempuan
Frankel mengemukakan enam nilai yang menjadi model kepemimpinan perempuan yang menurutnya adalah model kepemimpinan yang diperlukan pada saat ini. Keenam nilai itu adalah penetapan arah, mempengaruhi orang lain, pembentukan tim, pengambilan resiko, kemampuan memotivasi, dan kecerdasan emosi.
.
Membaca buku ini mengingatkan saya pada buku-buku psikologi populer yang pernah meledak di pasaran Indonesia maupun dunia, seperti Personality Plus karangan Florence Littauer, atau Emotional Intelligence dari Daniel Goleman, karena dalam buku ini banyak sekali teori-teori kepemimpinan yang mendalam, namun disajikan dengan cara yang sangat mudah dimengerti. Buku ini juga dilengkapi test untuk mengukur seberapa baiknya Anda dalam keenam nilai di atas.
.
Setelah mengetahui titik kelemahan dan kekuatan kita dalam nilai-nilai kepemimpinan itu, Frankel mengajari kita bagaimana membenahi kemampuan-kemampuan tersebut yang menurutnya pada dasarnya merupakan kapasitas alamiah seorang perempuan. (Nanang Kris MR)

2 comments:

Anonymous said...

RAHASIA BAGI YANG PEDULI AKAN KESEHATAN DIRI DAN KELUARGA:
TIPS AGAR PACAR/SUAMI BERHENTI MEROKOK!

Mungkin Anda adalah orang yang peduli pada kesehatan, namun sayang, pacar/suami Anda “terikat” dengan kebiasaan merokok yang bukan hanya tidak sehat, tetapi juga SANGAT MENGANCAM kesehatan diri dan keluarga Anda.

Namun jangan khawatir, .. saat ini kami hadir untuk memberi solusi bagi Anda, agar dengan cara diam-diam, Anda bisa membuat suami/pacar Anda berhenti dari kebiasaan yang mematikan tersebut!

Telah hadir dan teruji, sebuah “kartu ajaib” QUIT SMOKING CARD yang dapat mentralisir 4000 racun dalam setiap batang rokok, termasuk zat2 racun yang mengakibatkan seseorang menjadi kecanduan.

Caranya : Tempelkan kartu tersebut di luar bungkus rokok, dan biarkan 10 menit, dan ambil/simpan kembali kartu tsb. AJAIB --- tiap batang rokok itu akan ternetralisir, dan jika suami/pacar Anda mengisap rokok tersebut, akan terasa ringan (karena sudah tidak ada nikotin/racun2nya, juga zat addictivenya).
Jalani saja 2-3 bulan seperti itu, .. pengalaman membuktikan bahwa dalam 3-6 bulan, suami/pacar Anda akan terbebas dari kecanduan rokok!

Satu kartu Quit Smoking Card, bisa dipakai untuk menetralisir 100.000 batang rokok (atau 3 tahun pemakaian). Sangat menolong mereduksi kwalitas racun bagi perokok-perokok pasif (seperti Anda dan anak-anak Anda).

Anda MAU SEHAT BUKAN?? Anda pun MAU orang-orang yang Anda sayangi SEHAT BUKAN?? Jangan biarkan pacar/suami khususnya menghancurkan masa depan Anda dan keluarga hanya karena rokok!!
Ceraikan segera ROKOK itu dari Pacar/Suami Anda!

Quit Smoking Card, harganya hanya Rp. 110.000 (seratus sepuluh ribu rupiah saja) --- GRATIS ONGKOS KIRIM utk Jabodetabek!
Untuk informasi hubungi: abiyah.quitsmokingcard@gmail.com
Untuk Pemesanan Online, dilakukan di:
http://www.global-pustaka.com/tb/index.php?categoryID=37

Lakukan CEPAT .. sebelum TERLAMBAT!

ABIYAH CARD NETWORK
DISTRIBUTOR RESMI QUIT SMOKING CARD
Ruko Cempaka Mas Blok K-31
Jakarta Pusat 10640 Indonesia
Layanan Konsumen: 021-92762829

Unknown said...

Halo, nama saya Setiabudi, seorang korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah penipuan semua paling 13 juta karena saya membutuhkan pinjaman modal besar 40 juta, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, bisnis saya adalah hancur dalam proses yang saya kehilangan anak saya. saya tidak dapat berdiri lagi. semua hal ini terjadi Desember 2014, sampai saya mearnt seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu yang baik ibu Alexandra yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Semoga Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin hanya cepat mendaftar melalui Ibu Alexandra melalui email perusahaan: alexandraestherloanltd@gmail.com atau alexandraestherfastservice@cash4u.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; setiabudialmed@gmail.com untuk informasi yang perlu Anda ketahui. silahkan dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
Terima kasih.

Popular Posts