Sunday

Menyikapi Kegagalan

Bagaimana seharusnya kita menyikapi suatu kegagalan ???? Tips berikut bisa dijadikan panduan....

PERTAMA
Berpikirlah positif untuk meraih hal positif dalam hidup. Selalu berpikir hal-hal yang positif akan membawa kita pada tindakan dan perilaku yang juga mengarah kepada hal-hal yang positif. Sehingga diharapkan dari tindakan dan perilaku tersebut akan menghasilkan buah-buah yang positif pula.

KEDUA
Merenungi kesalahan dan kegagalan kita hingga sebelum pagi keesokan hari untuk menemukan hikmah di balik kegagalan. Jangan menangisi kegagalan terus-menerus. Kita harus mengambil tindakan untuk memperbaiki kesalahan kita.

KETIGA
Setelah menemukan makna dari kegagalan, cobalah bangkit untuk mencoba kembali meraih apa yang sebelumnya kita cita-citakan. Setiap kali gagal, yakinlah bahwa kita hanya perlu mencoba sekali lagi untuk meraih keberhasilan yang didambakan.

Kesuksesan tak lebih dari suatu percobaan. Karena itu jangan pernah takut untuk mencoba, lalu mengkaji hasil yang diperoleh dari setiap percobaan tersebut. Cobalah kembali hingga kita mendapat hasil sesuai keinginan. Karena beberapa kali percobaan yang harus ditempuh masing-masing orang sebelum mencapai keberhasilan berbeda-beda. Kecuali saat kita akhirnya merasa sesuatu yang tengah kita jalani bukan jalan hidup kita, barulah kita berhak mencoba hal lain.

Namun kalau kita memiliki keyakinan kuat pada suatu hal, jangan berhenti mencoba sebelum berhasil. Intinya adalah setiap kita gagal, ambillah pelajaran di baliknya, kajilah mengapa kita bisa gagal. Lalu kita jangan lagi mengulangi kesalahan yang sama. (yans)

No comments:

Popular Posts